Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi Ilmu Keolahragaan

 1.1        Visi

Menjadi Program studi Ilmu Keolahragaan yang inovatif, kompetitif dan unggul dalam pengembangan kesehatan olahraga dibidang sport recovery pada tahun 2030

1.2        Misi

1.      Menyelenggarakan pendidikan berorientasi kesehatan olahraga

2.      Menyelenggarakan kajian penelitian berbasis sains dan teknologi dalam rangka penerapan kesehatan olahraga dan IPTEK di bidang keolahragaan

3.      Menyelenggarakan kajian pengabdian masyarakat berbasis sains dan teknologi rangka dalam penerapan kesehatan olahraga dan IPTEK di Bidang Keolahragaan

4.      Membangun jejaring, kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam kegiatan akademik maupun non akademik

 

1.3        Tujuan

1.      Terciptanya penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada olahraga dan kesehatan

2.      Terciptanya lulusan yang professional di bidang ilmu keolahragaan dan ilmu kesehatan dan toleran kepada kemajemukan, menjunjung tinggi asas kekeluargaan serta mengedepankan persatuan dan kesatuan

3.      Terlaksananya penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang beradyaa guna dan berhasil guna serta berorientasi pada bidang olahraga dan kesehatan

4.      Terlaksananya pengabdian yang berorientasi pada bidang olahraga dan kesehatan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat

5.      Terciptanya sumber daya manusia yang professional dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi

6.      Terbentuknya tata kelola di ilmu keolahragaan yang kredibel, transparan, akuntabel, adil dan bertanggung jawab

7.      Tercapainya peningkatan aksesibilitas dan pemerataan pendidikan tinggi dibidang keolahragaan bagi masyarakat di Jawa Barat

8.      Terwujudnya kerja sama nasional dengan lembaga pendidikan, dunia usaha, komunitas, pemerintah dan media dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di bidang olahraga dan kesehatan

9.      Terwujudnya kerja sama internasional dengan lembaga pendidikan, dunia usaha, komunitas, pemerintah dan media dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi bidang keolahragaan

 

1.4        Strategi

1.         Proses pembelajaran dimaksudkan untuk memfasilitasi pembentukan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan, dispesifikasikan dalam dua dimensi yang berbeda namun terjalin yaitu (1) penetapan bentuk kegiatan belajar seperti mengkaji, berlatih dan menghayati dan (2) senantiasa mengacu kepada penguasaan kompetensi/sub kompetensi yang telah ditetapkan

2.         Pembentukan penguasaan kompetensi yang merupakan muara dari kegiatan perkuliahan untuk menjamin tercapainya pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang diinginkan. Kegiatan pembelajaran dilakukan sebagai berikut (a) mengacu pada learning outcome dan profil lulusan yang telah disusun dalam kurikulum, (b) setiap 1 sks teori dimaknai sebagai 16 kali tatap muka 50 menit tatap muka perminggu, 50 menit tugas terstruktur, dan 10 menit tugas mandiri, (c) setiap 1 sks praktikum dimaknai sebagai 16 kali tatap muka 100 menit per minggu, 50 menit tugas terstruktur dan 100 menit tugas mandiri, (d) kontekstual, menggunakan konteks yang ada di sekitar mahasiswa.

 

1.5        Universitas Value

Universitas Singaperbangsa Karawang berada di Kabupaten Karawang yang merupakan daerah kawasan industri dan persawahan yang sangat dekat dengan kota Jakarta. Secara geometris Universitas Singaperbangsa Karawang mempunyai potensi yang luar biasa dalam hal mensejahterakan masyarakat. Universitas Singaperbangsa Karawang mempunyai visi menjadi perguruan tinggi yang inovatif, kompetitif, dan unggul yang dijiwai budaya bangsa dikancah lokal, nasional, dan global pada tahun 2029. Hal ini menunjukkan bahwa kendati Universitas Singaperbangsa Karawang berada pada kawasan dengan potensi modernisasi yang tinggi tetapi Universitas Singaperbangsa Karawang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa yang selalu menjadi prinsip dalam pengembangan keilmuan.